Mesir Lanjutkan Operasi Penghancuran Terowongan Gaza

Aparat keamanan Mesir selalu memperlancar operasi pencarian serta penghancuran terowongan buatan warga Gaza yang terhubung dengan wilayahnya. Telah 1. 820 terowongan Gaza yang dibinasakan aparat Mesir. " Jumlahnya jadi tambah, dengan dihancurkannya tujuh lagi terowongan ilegal, " catat Kantor Berita Mesir, Kamis (16/10). Dijelaskan, aparat juga menangkap belasan warga Palestina yang berupaya masuk Mesir dengan cara ilegal lewat terowongan.

Terowongan bawah tanah yang menghubungan Gaza serta Mesir yang di bangun oleh warga Palestina itu, umumnya dipakai untuk mempermudah pembelian bahan keperluan pokok di Mesir. Beberapa pengamat menilainya, terowongan itu di bangun untuk akses bahan makanan disebabkan blokade darat, laut, serta hawa yang diberlakukan Israel pada kantong Palestina itu.

Di saat Presiden Mohamed Moursi, terowongan-terowongan ilegal itu tak disentuh, tetapi penguasa baru Presiden Abdel Fatah Al Segi berikrar bakal membasmi seluruhnya terowongan di Semenanjung Sinai. Di segi lain, pemerintah Mesir kirim 200 ton pertolongan kemanusiaan ke Gaza berbentuk bahan makanan serta obat-obatan dan selimut.

Panglima merangkap Menteri Pertahanan serta Produksi Militer Mesir Jenderal Sedki Sobhi yang mengkoordinir pertolongan itu menyampaikan, dana pertolongan kemanusiaan ini dikumpulkan dari sumbangan orang-orang serta beberapa yang lain dialokasikan dari biaya militer. Disamping itu, Mesir mengutuk keras perlakuan jelek golongan Yahudi pada Masjidil Aqsa di Jerusalem. Mesir juga mengecam keras tindakan pembakaran suatu masjid di Nablus yang dikerjakan oleh grup Yahudi garis keras.