Iran Sambut Baik Rekonsiliasi Politik Yaman

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Masalah Arab-Afrika Hossein Amir-Abdollahian Sabtu menyampaikan di Teheran bahwa Republik Islam Iran menyongsong baik rekonsiliasi politik di Yaman. Bicara dengan IRNA, Amir-Abdollahian mengutamakan bahwa rakyat serta negara Yaman akan tidak membiarkan teroris Takfiri untuk memimpin tuntutan umum serta rekonsiliasi politik di negeri itu untuk ekstremisme serta kekerasan.

Teheran seutuhnya mensupport Yaman yang merdeka, menyatu, stabil serta aman dimana seluruhnya pihak memiliki komitmen untuk rekonsiliasi politik, tuturnya. Yaman sudah dalam kekacauan mulai sejak memprotes pro-demokrasi hingga memaksa presiden otokratis Ali Abdullah Saleh untuk mundur pada th. 2012 sesudah 33 th. berkuasa.

Tentara serta pasukan keamanan Yaman sudah sekian kali memakai kekerasan pada aksi-aksi memprotes. Namun aksi keras selama ini tidak berhasil untuk hentikan memprotes.

Gerakan Houthi yang memerankan utama dalam pemberontakan rakyat yang memaksa bekas diktator Ali Abdullah Saleh untuk mundur pada th. 2012 saat ini jadi sisi dari memprotes komprehensif popular.