Korut dan Korsel Saling Bertukar Tembakan Peringatan

Korea Selatan (Korsel) serta Korea Utara (Korut) kembali alami gesekan. Militer ke-2 negara diberitakan lakukan tindakan jual beli tembakan peringatan di seputar lokasi maritim yang sekarang ini jadi sengeketa ke-2 iris pihak. Tembakan peringatan awalannya didahului oleh militer Korsel, waktu suatu kapal Korut melewati lokasi perairan sengketa. Tanpa ada disangka, kapal itu membalas tembakan peringatan yang dilepaskan segi Korsel.

“Kami sudah kirim tembakan peringatan saat kapal itu melintas, tetapi kapal punya Korut lakukan tembakan peringatan balasan. Tindakan sama-sama membalas tembakan peringatan berlangsung sampai kapal Korut pada akhirnya mundur, ” ungkap pihak militer Korsel.

“Insiden itu berlangsung pada jam 10. 00 pagi (jam 03. 00 awal hari saat Indonesia barat), ” kantor berita Korsel, Yonhap melaporkan. Insiden ini cuma berjalan tiga hari sesudah ke-2 segi setuju untuk lakukan perbincangan tingkat tinggi pada akhir Oktober yang akan datang.

Insiden ini dilaporkan berlangsung di dekat pulau Yeonpyeong, yang dekat dengan perbatasatan maritim ke-2 negara. Dalam gesekan teranyar itu, tak ada korban jiwa atau rusaknya yang dilaporkan dari ke-2 segi.