Ratusan rumah di Sumbar rusak akibat gempa

Nyaris 200 rumah rusak disebabkan gempa 5 taraf richter yang berlangsung di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Kamis (11/9) dinihari. " Berdasar pada data sesaat, ada 194 unit rumah rusak disebabkan gempa itu, " kata Wakil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, waktu dihubungi dari Pariaman, Kamis.

Ia menuturkan, dari beberapa ratus rumah yang terserang efek gempa itu, 15 salah satunya rusak berat, serta 179 rumah rusak tengah. " Tidak saja bangunan alami rusak, tetapi fasilitas pendidikan, perkantoran, Puskemas, jalan, irigasi alami rusak tengah sejumlah empat unit, rusak enteng 17 unit. Fasilitas beribadah alami rusak enteng sejumlah 5 unit, " katanya.

BPBD Sumbar bahkan juga mereferensikan supaya Dinas Pu mengecek kelayakan bangunan SMK 1 Batipuh yang terserang efek gempa. Tiga lokal ruangan tidak dapat digunakan. Bangunan-bangunan yang rusak disebabkan gempa itu menyebar di Kecamatan X Koto, Batipuh, dan Kecematan Pariangan.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sampai sekarang ini belum tahu dengan cara pasti berapakah kerugian materi disebabkan gempa itu. Tak ada korban jiwa disebabkan gempa itu, namun dua orang yaitu Fauril Rozi (12) dan Ruli Afandi (8) dilaporkan terluka. Pemerintah sudah membangun tenda darurat di tiga kecamatan juga mendisribusi logistik pada warga yang tempat tinggalnya rusak.