Menlu Iran Curigai Motif AS Bantu ISIS

Amerika Serikat dinilai tidak serius dalam memerangi grup teroris termasuk juga Negara Islam Irak serta Levant (ISIL), yang juga dimaksud Negara Islam Irak serta Suriah (ISIS) serta Negara Islam (IS).

" Lantaran kami tidak meyakini bahwa pemerintah Amerika Serikat sangatlah serius, " kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif waktu diwawancarai koresponden asing 'News Hour's' PBS, Margaret Warner, Ahad (21/9).

Saat Warner ajukan pertanyaan kenapa Presiden Iran Hassan Rouhani menampik tawaran dari pemerintahan Obama untuk bekerja bersama, Zarif jadi mengkritik gagasan AS - yang di setujui minggu ini oleh Kongres - untuk membiayai pemberontak moderat Suriah dalam perang pada ekstremis.

Zarif mencatat, AS memasukkan unsur ISIL dalam satu klasifikasi dengan Al-Qaida. " Kami lihat ini juga sebagai basic kontradiksi dalam soal berusaha untuk menaklukkan ISIL, namun ketika yang sama dana mereka berupaya untuk sangatlah mengakibatkan kerusakan pemerintah yang memerangi teroris, ” cetus Zarif. Motifnya, lanjut Zarif, sangat mungkin beberapa teroris ISIL untuk ikut serta lebih efisien ke gosip terorisme serta untuk memperoleh lokasi lebih luas.